PolitikUtama

Popularitas Ahmad Ali, Konsisten Terus Meningkat Di Pencarian Google

Ilong (detaknews.id) – Palu – Popularitas bakal calon gubernur (Bacagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) kembali mencuat dalam catatan mesin penelusuran Google. Berdasarkan data pencarian dari wilayah Sulawesi Tengah, nama Ahmad Ali tercatat konsisten unggul dibandingkan dua kandidat lainnya, Anwar Hafid dan Rusdy Mastura.

Sejauh ini, tiga nama yang ramai dibicarakan bakal bertarung dalam Pilgub Sulteng adalah Ahmad Ali, Anwar Hafid, dan Rusdy Mastura. Namun, baru Ahmad Ali dan Anwar Hafid yang dipastikan memenuhi syarat dukungan partai.

Sementara Rusdy Mastura, calon petahana, masih berupaya mendapatkan dukungan dari partai-partai yang tersisa seperti Golkar, PDI Perjuangan, dan Perindo.

Data Google menunjukkan bahwa dalam 12 bulan terakhir, kueri “Ahmad Ali” unggul dengan konsistensi yang tinggi dibandingkan “Anwar Hafid” dan “Rusdy Mastura”. Ahmad Ali meraih 58% pencarian, sedangkan Anwar Hafid mendapat 42%. Puncak popularitas Ahmad Ali tercatat pada 14-20 April, dengan nilai 75.

Sementara itu, Anwar Hafid mengalami lonjakan pencarian pada 14-20 Juli 2024, mencapai nilai 100. Namun, pencarian ini tersebar di berbagai wilayah Indonesia, tidak hanya fokus di Sulawesi Tengah.

Nilai yang diberikan Google berkisar antara 0 hingga 100, di mana nilai 100 menunjukkan puncak popularitas dan nilai 50 menunjukkan setengah dari popularitas tersebut. Nilai 0 berarti tidak ada cukup data untuk istilah tersebut.

Untuk periode 30 hari terakhir (30 Juni – 31 Juli 2024), Ahmad Ali tetap unggul dengan 55% dibandingkan Anwar Hafid yang memperoleh 45%.
Periode 7 hari terakhir juga menunjukkan Ahmad Ali di posisi teratas dengan 52%, diikuti oleh Anwar Hafid dengan 48%.

Bahkan ketika nama Rusdy Mastura dimasukkan dalam perbandingan, Ahmad Ali tetap berada di puncak. Dalam 12 bulan terakhir, Ahmad Ali meraih 43%, Anwar Hafid 31%, dan Rusdy Mastura 26%. Dalam 30 hari terakhir, Ahmad Ali memimpin dengan 44%, diikuti Anwar Hafid dengan 35% dan Rusdy Mastura 21%. Data 7 hari terakhir juga memperlihatkan dominasi Ahmad Ali dengan 41%, disusul oleh Anwar Hafid 37%, dan Rusdy Mastura 22%.

Menilik grafik Google, minat pencarian untuk Anwar Hafid dan Rusdy Mastura mengalami peningkatan dalam sebulan terakhir. Namun, minat pencarian untuk Ahmad Ali tetap konsisten sepanjang tahun hingga saat ini. Kueri terkait yang paling sering digunakan untuk mencari informasi mengenai Ahmad Ali dan Anwar Hafid adalah “Pilgub Sulteng”.

Angka yang ditampilkan oleh Google merupakan minat penelusuran berdasarkan poin tertinggi pada diagram pencarian berdasarkan wilayah dan waktu pencarian. Istilah atau kueri penelusuran merupakan frasa atau kombinasi kata yang diketik oleh pengguna internet saat mencari hal menarik menggunakan mesin penelusuran Google.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *