DaerahPolitik

Jajaran Polres Sigi Bersama Danramil Gelar Deklarasi Pemilu Damai Jelang Pilkades

Nelwan (detaknews.id) – SigiSulteng – Jajaran Polres Sigi bersama Danramil dan pemerintah Kecamatan Pipikoro gelar deklarasi pemilu damai jelang Pilkades serentak pada 17 November 2022 mendatang di Kecamatan Pipikoro Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi pada Rabu, (09/11/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pipikoro yakni, Smart,S.Pd dan jajarannya, Kapolsek kulawi Ipda Johan Daud, S.Sos,M.H, Danramil kulawi di wakili Danpos Pipikoro Serka Prayitno, dan jajarannya, seluruh calon kepala desa se-kecamatan Pipikoro, Panitia Pemilihan Kepala Desa, para Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-kecamatan Pipikoro Kab. Sigi.

Rilis yang dihimpun detaknews.id (group deadline-news.com), Johan selaku Kapolsek Kulawi menerangkan, bahwa perspektif deklarasi pilkades idelanya, yang menjadi prioritas adalah membingkai politik sehat dan bermartabat.

“Kepada para calon kepala desa (Kades) serta panitia pelaksana Pilkades agar tetap konsisten, sportif, transparan, jujur dan adil, serta mengedepankan nilai semangat demokrasi yang sejuk dan damai” tutur Johan.

“Dengan demikian, masyarakat juga harus ikut serta dan bersama-sama menyukseskan konteks Pilkades serentak tahun 2022 ini,” ujarnya.

Johan juga menegaskan, melalui deklarasi damai tersebut, pihak TNI serta Polri mengajak semua pihak untuk menjaga situasi Kamtibmas, baik sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkades agar tetap tercipta situasi aman dan kondusif.

“Maka kontestan harus siap berkompetisi dan menerima konsekuensi kalah atau menang dalam konteks pilkades dan tetap legowo serta mendukung siapapun calon Kades yang terpilih nantinya,” tegasnya.

Johan juga mengharapkan para calon Kades agar tidak melakukan tindakan-tindakan diluar ketentuan atau melanggar peraturan yang berlaku, dan hindari tindakan-tindakan provokatif, intimidasi, politik praktis, politik uang, serta menghimbau Panitia Pemilihan Kepala Desa untuk bersikap netral dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022.

“Semua unsur dan elemen masyarakat khususnya, panitia dan calon Kades akan selalu bekerja sama di lapangan mengikuti jalannya demokrasi sesuai prosedur dan mekanisme hukum yang ada di wilayah kecamatan Pipikoro,” tandasnya.

Pada deklarasi tersebut, selain membacakan ikrar yang juga diisi dengan tanda tangan kesepakatan damai dari seluruh pihak, mulai dari jajaran Forkopimcam Kecamatan Pipikoro, pantia pelaksanan hingga 15 calon kepala desa yang akan bertarung dalam pilkades serentak.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *