Bencana AlamDaerahUtama

Erupsi Gunung Ruang Berdampak Luas Hingga Kabupaten Buol dan Toli-Toli

Fahril (detaknews.id) – Palu – Letusan Gunung Ruang kedua pada 1 Mei 2024 menimbulkan sebaran abu vulkanik yang signifikan, bahkan mencapai Kalimantan. Hal ini diungkapkan oleh Andi Sembiring, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis, 2 Mei 2024.

“Kami terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan daerah terdampak, yaitu Kabupaten Buol dan Toli-toli. Terjadi kepanikan di Toli-toli sekitar jam setengah 3, namun BPBD setempat telah diimbau untuk segera membuat pengumuman dan merangkul media untuk menyebarkan informasi”, kata Andi Sembiring.

Andi Sembiring juga meminta BMKG untuk merilis data sebaran angin per 6 jam. Hal ini untuk mengantisipasi potensi hujan abu yang dapat memperparah dampak erupsi.

“Masa tanggap darurat di Buol masih berlangsung. Kami siap mendistribusikan logistik dan APD untuk masyarakat dan petugas di lapangan. Kami juga berkoordinasi dengan BNPB pusat untuk mengantisipasi kebutuhan masker”, jelas Andi Sembiring.

Sehubungan dengan sebaran abu vulkanik yang masif, Andi Sembiring menghimbau masyarakat di Buol dan Toli-toli untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Perhatikan juga kondisi lingkungan dan siramlah area sekitar untuk meminimalisir dampak abu vulkanik. Terutama anak-anak perlu mendapat perhatian lebih”, tambahnya.

BNPB Sulteng terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk menangani situasi ini dan menyebarkan informasi secara cepat dan akurat kepada masyarakat.

BNPB Sulteng mengimbau kepada masyarakat agar mengenakan masker, menggunakan kacamata dan pakaian yang dapat melindungi tubuh, dan menutup rapat-rapat persediaan makanan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *